30 Apr 2011

Mataram dan air kelapa

fakta yang mengejutkan jika mendengar asal keturunan raja Mataram islam, berawal dari air kelapa.


kisahnya berawal dari kisah Ki Ageng Pamanahan yang sedang berkunjng ke rumah kakaknya. ki Ageng adalah putra Ki Ageng Sela yang masih mempunyai hubungan keturunan dengan Brawijaya V, raja Majapahit. dikisahkan ketika Ki Ageng Pamanahan mendapat sebuah petunjuk dari Sunan Kalijaga mengenai 'wahyu' yang digambarkan dengan sebuah 'degan' yang harus dihabiskan sekali teguk,  'degan'
tersebut konon dapat ditemukan di desa Giring. mendengar hal itu, Ki Ageng Pamanahan berniat berkunjung kerumah kakaknya yang kebetulan berada di desa Giring. Ki Ageng Pamanahan tiba dirumah kakaknya dengan keadaan sangat haus. sebelumnya, kakak Ki Ageng Pamanahan, Ki Ageng Giring menemukan sebuah 'degan' dan berniat meminumnya setelah bekerja. ketika sang adik datang dan tidak menemukan kakaknya di rumahnya, ia langsung menuju dapur untuk mencari sesuatu yang bisa ia minum. setibanya di sana ia menemukan 'degan' yang ditemukan oleh kakaknya, melihat itu dia mengambil degan itu dan langsung meminumnya sekali teguk. melihat degannya tiada, sang kakak terkejut dan sang adik tidak sadar bahwa itu degan milik kakaknya. sang adik teringat akan pesan Sunan Kalijaga, mengenai degan yang dimaksud. sang adik menceritakan apa yang disampaikan Sunan Kalijaga kepada kakaknya dan berjanji jika benar 'degan' tersebut adalah 'degan' yang dimaksud, maka keturunan kakaknya akan mendampingi keturunan Ki Ageng Pamanahan dalam memimpin Jawa, bahkan dia berjanji bahwa setelah keturunn ke tujuh, keturunan kakaknya lah yang akan menjadi raja di Jawa.

dan akhirnya, memang benar, anak Ki Ageng Pamanahan, Sutawijaya menjadi raja pertama Kerajaan Mataram bergelar Panembahan Senapati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar